Sunday, November 27, 2011

Latihan Pemanasan

Latihan peregangan atau pemanasan (warm-up) menjadi penting karena digunakan untuk menghindari terjadinya salah gerak yang mengakibatkan cedera, dan untuk meregangkan otot-otot agar nantinya lebih mudah dalam bergerak/ moving dan berekpresi, tidak terganggu dengan tubuh yang belum siap.

Pemanasan yaitu serial dari gerakan tubuh dimaksudkan untuk meningkatkan sirkulasi dan meregangkan otot dengan cara progresif (bertahap). 

Thursday, November 24, 2011

Kesenian di sekolah

Pembelajaran kesenian disekolah merupakan salah satu proses penanaman nilai-nilai kebaikan, sopan santun, moral, etika dan tentu saja spiritual, sehingga ia menjadi lebih peka terhadap kehidupan sekitar.

Oleh karenanya kegiatan berkesenian bukan sekadar mengutamakan pencapaian nilai estetik tapi lebih dari itu adalah menanamkan nilai-nilai budi pekerti agar pelakunya memiliki akhlak mulia.

Wednesday, November 16, 2011

Latihan Menirukan Binatang

Salah satu latihan yang baik untuk meningkatkan daya lentur dan imajinasi seorang pemain ialan menirukan binatang.

Calon aktor mencoba menirukan gerakan khas macam-macam binatang. bila menirukan kera, gerakan anggota tubuhnya, ekspresi wajahnya, dan suaranya harus seperti kera. Dengan cara itu calon aktor mencoba memerankan tokoh meskipun tokoh yang diperankan binatang. 

Asas Pengendalian aktor

S eorang aktor harus bisa menghayati dan meleburkan diri menjadi tokoh yang diperankannya.
Misalnya, dia memerankan Cut Nyak Dien yang penuh semangat, pantang menyerah dan anti penjajah, maka dia harus bersungguh-sungguh tampil seperti sosok Cut Nyak Dien.

Namun dalam pikirannya harus tetap sadar bahwa apa yang dilakukannya dengan bersungguh-sungguh itu sesungguhnya juga hanya permainan, bukan Cut Nyak Dien yang sesungguhnya.

Jadi kalau dia marah, meskipun marahnya tampak sungguh-sungguh, sebenarnya yang dilakukan itu hanya permainan. pikirannya tetap mengendalikan hal itu supaya dia tidak sungguh-sungguh memukul dan membunuh lawan mainnya.

Tuesday, November 15, 2011

Bagaimana memilih naskah drama?

Ketika menentukan pilihan atas sebuah naskah yang hendak dipentaskan, seorang sutradara harus tahu mengapa dia memilih naskah tersebut dan bukan naskah lain. 

Apa yang hendak “diucapkan” lewat naskah tersebut, dan dengan cara pengucapan yang bagaimana? Bentuk apa yang dipilihnya dan tehnik mana yang dia pakai untuk mewujudkan bentuk pilihannya itu?

Bagaimana menjadi sutradara di Sekolah

Inilah latihan berorganisasi yang bagus. Latihan cara memimpin, merangsang daya kreatif, mempertajam apresiasi seni teater dan sekaligus mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat. 

Biasanya dilakukan untuk ekskul mereka. Guru memonitor perkembangannya member nilai lewat angka di rapor. 

Tuesday, November 8, 2011

Karya Guru Seni adalah Mengajar

Apakah karya seorang guru seni? jawabannya adalah mengajar, karena kemampuannya dalam mengajar adalah hasil karya utamanya.

Guru kesenian tidak identik dengan seniman. Karena itu seorang guru kesenian tidak dituntut menjadi seniman. 

Tugas guru kesenian adalah mengajarkan kesenian kepada siswa-siswinya. Karena karya guru kesenian itu adalah mengajar itu sendiri. 

Sunday, November 6, 2011

Membuat Naskah Drama

Beberapa langkah mudah untuk membuat naskah drama, terutama bagi para pengajar dan guru seni teater di sekolah.

Langkah-langkah:

• Menentukan tema. Tema adalah gagasan dasar cerita atau pesan yang akan disampaikan oleh pengarang kepada penonton. Tema, akan menuntun laku cerita dari awal sampai akhir.

• Menentukan persoalan. Persoalan atau konflik adalah inti dari cerita teater. Tidak ada cerita teater tanpa konflik. Oleh karena itu pangkal persoalan atau titik awal konflik perlu dibuat dan disesuaikan dengan tema yang dikehendaki.

Teater itu Mudah?

Mengajar teater itu ternyata mudah, karena ternyata mengajar teater tidak harus menjadi teaterawan yang handal, ia tidak perlu menjadi seniman untuk bisa mengajar. karena guru bukanlah pencetak seniman.

Siswa tidak dimaksudkan untuk menjadi seniman,  namun yang wajib dikuasai guru ialah pemahaman teater secara benar dan bagaimana metode mengajarkannya.

Thursday, November 3, 2011

Tentang Musikalisasi Puisi

Beberapa kesalahan pemahaman tentang musikalisasi puisi yang sering terjadi ialah terjebaknya kita dalam dramatisasi puisi.

Pada hakikatnya musikalisasi adalah musik, berarti kesan auditif yang harus digarap, sedangkan unsur visual seperti gerak, blocking, busana, setting, dan properti hanyalah unsur penunjang dari musikalisasi puisi bukan unsur yang utama.

Lalu apakah musikalisasi itu? Batasan mengenai musikalisasi puisi memunculkan perdebatan panjang.

Tuesday, November 1, 2011

Folklor

Folklor, Bahan Pembelajaran Peserta Didik

Sungguh mengagumkan sekali kekayaan khasanah cerita-cerita sejarah yang terdapat di Jawa Timur dengan keelokannya menyimpan misteri yang masih belum terungkap seluruhnya. 

Salah satunya adalah keberadaan folklor atau cerita lisan yang terdapat di daerah, yang belum sempat ditulis di lembaran kertas (pendokumentasian). Manfaat yang diperoleh selain sebagai dokumen juga dapat dijadikan bacaan pengetahuan pelajar.

Tradisi sebagai sumber penciptaan karya seni

Tradisi dipandang sesuatu yang kolod (ketinggalan jaman) kadaluarsa, monoton dan mungkin juga tidak memiliki daya tarik, tidak ada daya rangsang dalam menarik simpati anak-anak remaja.

Kita masih ingat ketika lagu campursari muncul disambut hangat oleh masyarakat bahkan sempat buming dalam pasar industri rekaman dan melahirkan penyanyi, musisi baru.

Kehadiran campursari menimbulkan daya tarik dari segala kalangan usia untuk ikut menikmati, bahkan populasi para penyanyi, musisi, pencipta lagu bahkan sampai dengan menjamurnya grup-grup baru yang ikut meramaikan kahadiran campursari.

Mengenal Musik

Dalam kehidupan masyarakat, musik tak bisa dipisahkan. Maka perlulah kita mengenal musik yang hadir disekitar kita. Kesenian rakyat termasuk musik rakyat atau tradisi merupakan gambaran sosial masyarakat pendukungnya sering disebut dengan pencerminan dari jati diri masyarakat. 

Pada masyarakat agraris keseniannya tercermin dalam kegiatan kesehariannya bagi masyarakat agamis musik atau kesenian secara umum menunjukkan bagaimana sifat kerohaniannya, musik Islami misalnya.

Untuk dapat memahami atau mengenali jenis musik ada dua hal yang dapat kita lakukan yaitu memahami teks dan konteks dalam sebuah kesenian atau karya seni.

Musik Tradisi dalam seni pertunjukan

Musik merupakan bagian dari kehidupan rasa dan jiwa manusia, sehingga dalam berbagai tradisi bangsa, kita selalu menemukan berbagai macam bentuk, gaya, dan alat musik yang mengejawantahkan rasa dari komunitas tertentu, terutama dalam kehidupan seni pertunjukannya.

Musik selalu hadir dalam kehidupan manusia. Getaran dari rasa musikal itulah yang menggerakan jiwa kita untuk bisa melakukan respon secara spontan.

Banyak istilah untuk menyebut musik yang berkembang di masyarakat. Khususnya pada masa kerajaan sebagai pusat pemerintahan dalam kesenian lebih disebut sebagai kesenian adiluhung atau tradisi termasuk di dalamnya musik atau gamelan.