Sunday, January 29, 2012

tokoh Rahman Sabur

Biografi Rahman Sabur


RAHMAN SABUR lahir di Bandung, 12 September 1957, dari pasangan  R.Sabur Purawinata dan Tati Rohana. Sejak kecil sudah akrab dengan dunia kesenian. Ibunya suka menyanyi tembang Cianjuran dan main kecapi-suling. Hampir setiap minggu, dia diajak ayahnya menonton film-film Belanda. Dia sering ‘nonton sandiwara, tari, wayang, reog dan berbagai kesenian rakyat.

teater payung hitam

Teater Payung Hitam

TEATER PAYUNG HITAM didirikan oleh Rahman Sabur pada 1982, di Bandung. Memasuki usia 28 tahun, kelompok ini telah memproduksi 80 pertunjukan. Dan, merupakan salah satu kelompok terdepan teater modern di Indonesia. Payung Hitam telah menjelajahi kota-kota di tanah air dan berpentas di berbagai festival bergengsi di luar negeri. 

Sunday, January 22, 2012

tentang Studi Klub Teater Bandung


StudiKlub Teater Bandung

Biografi STUDIKLUB TEATER BANDUNG, STB, didirikan di Bandung, 13 Oktober 1958 atas inisiatif tujuh tokoh: Jim Lim, Suyatna Anirun, Sutardjo A. Wiramihardja, Adrian Kahar, Tin Srikartini, Thio Tjong Gie (Gigo) dan Soeharmono Tjitrosuwarno. Kecuali Soeharmono yang wartawan, enam sosok lainnya adalah mahasiswa yang telah melakukan pentas kecil-kecilan.

STB didirikan dengan maksud melakukan studi terhadap teater modern yang masih belum populer di masa itu. Kini, STB merupakan kelompok teater modern tertua di Indonesia yang menjadi tempat belajar bagi banyak seniman teater.

Characteristics and structure of theatrical tradition


Characteristics and structure of theatrical tradition

      Characteristics of Theatre Tradition
Based on the latest development of this form of folk theater, a number of basic characteristics of theater people in general are as follows.

a. The story is presented without a script and worked out based on historical events, fairy tales, mythology, or everyday life.

b. The presentation of the story is done through dialogue, song, and dance.

Basic analysis of drama


Basic Analysis of Drama

      The basic analysis is the study of basic elements that make up the play. In this analysis process, the director of my study of the entire contents of the play and capture the full picture of what the play as written.

      So, in this stage director will read only the author via lakonnya. Essential elements that must be analyzed by the director are as follows.

The play message.
      The message the play is the main communication materials that were trying to convey to the audience. Success or failure of a theatrical performance is measured by whether or not a message to play to the audience. Therefore, the director must find the key message of the play that has been determined.

Thursday, January 19, 2012

37 tahun berkarya..

37 Tahun Berkarya, Teater Teladan Mementaskan 3 Lakon

Teater Teladan didirikan pada tanggal 17 Maret 1975 sebagai sebuah wadah ekspresi kegiatan ekstrakurikuler pelajar sekolah menengah atas di masa itu bertempat di SMAN 3 Jakarta. Menurut kisah para senior. Teater Teladan ini didirikan oleh seorang berkebangsaan Malaysia yang akrab dipanggil Pak Cik. Entah siapa nama aslinya.

Beliaulah yang kemudian melatih para pelajar SMAN 3 didalam wadah ekskul tersebut.
Dalam perjalanannya tongkat estafet kepelatihan diturunkan berturut-turut pada Iwan Ichwan,  Nawir Hamzah, Armein Azis (1985-1992), Anwari Natari (1992-1997), Manahan Hutauruk (1997-1999), Joko Nugroho (1999-2001), Manahan Hutauruk (2001-2006), Athpal Sofie Paturusi (2006-2007), Diky Soemarno (2007-2010), Arsi Ramadhan (2011-skr). 
 

the Aesthetics elements in traditional theater

the Aesthetics elements in traditional theater

       In general, the elements supporting the staging of a theatrical tradition consists of a story or play, actors, and audience.

       To support the existence of three elements, raised a number of supporting elements of aesthetic performances like this.

Monday, January 16, 2012

sampek engtay/ pementasan

sampek engtay

sutradara menurut Putu Wijaya

sutradaranya putu wijaya

Didalam bahasa Indonesia ada kata sutradara yang dipakai untuk menerjemahkan kata director. Kata itu diambil dari bahasa sansekerta. Dalam sejarah kebudayaan Indonesia, sutradara adlaah orang yang memilih adegan-adegan dari epos Ramayana/ mahbarata untuk dijadikan relief di dinding candi.
 
Dalam teater tradisional Indonesia, istilah penyutradaraan sebenarnya tidak dikenal. Yang dikenal adalah pelatih yang sekaligus bertindak sebagfai guru. Orang ini tidak hanya melatih ketrampilan, tetapi seringkali juga membentuk kepribadian seniman. Praktek latihan dan proses berguru tidak dilakukan dengan cara duduk didalam kelas dalam jadwal-jadwal yang pasti. 

Saturday, January 14, 2012

keunikan aktor

Keunikan aktor

Aktor adalah bagian yang memenuhi secara langsung dengan audiens, terkait langsung, langsung dilihat secara keseluruhan. Aktor yang membuat pertunjukan hidup dan memiliki jiwa, sehingga acara menjadi menarik untuk melihat.

Aktor juga berbeda dengan bagian lain dari kru artistik, kru lain bisa melepaskan dirinya dari alat ekspresi wajahnya tetapi tidak untuk para aktor. Seperti pengaturan stylist, dia dapat melepaskan alat ekspresi wajahnya karena ia melampaui dirinya sendiri.

Saturday, January 7, 2012

strength exercise

Pushing against each other

This exercise for body exercise. the body exercise is a first part of acting, so, the strength of body must be practice to make actor's body can do many movements and expressions.

This is very important exercise, above all because it shows physically what the actor’s maieutic (the Socratic process of assisting a person to bring into clear consciousness conception previously latent in the mind) action should be during a forum theater session. The exercise is about using all one’s strength and still not winning!

Wednesday, January 4, 2012

antara tangan, kaki dan otak

Lingkaran dan silang.

Para aktor bisa berdiri atau duduk, kemudian tangan kanan membuat lingkaran, besar atau kecil, terserah actor. Ini mudah bukan? Stop.

Sekarang dengan tangan kiri buatlah tanda silang, mudah juga bukan? Stop. Sekarang lakukan dua hal tersebut bersamaan, sangat sulit mendekati tidak mungkin. Kemungkinan hanya 1 atau 2 orang saja dari 30 orang yang mampu melakukannya.